Tahun 2016, Pajak PBB Akan Dihapuskan

  • 0

Tahun 2016, Pajak PBB Akan Dihapuskan

Category : Berita Terkini

Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat memastikan tahun 2016 ini, pihaknya akan menghapuskan pajak PBB untuk properti di Jakarta dengan harga di bawah Rp 1 miliar. Pernyataan tersebut disampaikannya di sela-sela acara Rapat Kerja Daerah Real Estate Indonesia (REI), Selasa (18/10/2016).

“Kebijakan ini memang sengaja kita adakan guna mendorong masyarakat agar mau membeli rumah,” ujar Djarot.

Selain pajak PBB, rencananya dalam waktu dekat ini pihak Pemprov DKI Jakarta juga akan mengurangi pajak BPHTB yang tadinya 5% akan menjadi 2,5%, khusus untuk harga properti di Jakarta di bawah Rp 2 miliar.

Djarot mengatakan, saat ini kebutuhan hunian di Jakarta masih sangat tinggi, namun sayangnya hal ini tidak dibarengi dengan ketersediaan lahan untuk membangun rumah. Makanya tak heran tahun 2017 mendatang pihaknya akan membangun apartemen murah sebanyak 1.045 unit rusunami dengan anggaran Rp 4,1 triliun.

Menariknya, apartemen murah ini nantinya akan dibangun dengan konsep mixed used, dengan menggabungkan antara hunian dengan pusat perbelanjaan tradisional. Hal ini sengaja dilakukan guna memberikan kenyamanan pada penghuni apartemen untuk mencari kebutuhan sehari-hari.

“Pasarnya nanti akan kami buat di bawah rusunami, pedagangnya pun nantinya bisa tinggal di sana,” kata Djarot.

Sementara menurut Amnran Nukman, Ketua DPD REI DKI Jakarta, pihaknya sangat mendukung penuh rencana penghapusan pajak PBB yang ingin dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta, karena hal tersebut akan menumbuhkan keinginan masyarakat untuk membeli properti di Jakarta.

“Jakarta adalah barometernya Indonesia, jadi industri properti harus berjalan di sini. Jadi pemerintah harus benar-benar memperhatikan masalah industri properti,” kata Amran.

Syarat Rumah Bebas Pajak PBB

  • Harga rumah di bawah Rp 1 miliar
  • Luas tanah tidak boleh lebih dari 100 meter
  • Tinggi bangunan tidak boleh lebih dari 3 lantai
  • Lokasi rumah/tanah tidak boleh berada di dalam kluster atau perumahan

Sumber : lamudi.co.id


Leave a Reply