Sekarang Buat Sertifikat Tanah Gratis!

  • 0

Sekarang Buat Sertifikat Tanah Gratis!

Category : Berita Terkini

cco-public-domain-rumah

Kementerian Agraria Tata Ruang dan Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) tahun 2017 mendatang berencana untuk menggratiskan masyarakat yang ingin membuat sertifikat tanah baru.

Keputusan ini disampaikan oleh pihak kementerian, seteleh sebelumnya mereka mendapatkan target untuk bisa mensertifikasi lima juta lahan setiap tahunnya oleh Presiden Joko Widodo.

Namun sayangnya program ini hanya bisa dirasakan dibeberapa wilayah di Indonesia, seperti  DKI Jakarta, Surabaya, Semarang dan Batam. Untuk tahap pertama pihak kementerian akan menggandeng Pemprov DKI Jakarta untuk menjalankan program ini pada tahun 2017.

Untuk menjalankan program ini, pemerintah membutuhkan dana sebesar Rp 2 triliun, uang tersebut diambil dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun 201, Anggaran Pendapatan, dan Belanja Daerah (APBD), serta CSR pengembang-pengembang besar.

Selain menggratiskan pembuatan sertifikat tanah, pemerintah juga akan mengurangi pajak Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) yang tadinya 5% menjadi 2,5% untuk nilai tanah di bawah dibawah Rp 2 miliar serta penghapusan pajak PBB untuk properti di bawah Rp 1 miliar.

Picture by CCO Public Domain/Pixabay

dikutip dari : lamudi.co.id


Leave a Reply