Paling Diburu! Ini Lho Wilayah Favorit Para Pencari Hunian Di 5 Kota Berkembang

  • 0

Paling Diburu! Ini Lho Wilayah Favorit Para Pencari Hunian Di 5 Kota Berkembang

Category : Berita Terkini

Kota-kota kecil berkembang kini semakin diincar para pencari properti. Selain karena letaknya yang dekat dengan kota besar, daerah ini pun telah memiliki fasilitas umum lengkap serta yang terpenting, harga propertinya relatif lebih murah!

UrbanIndo telah memilih lima kota berkembang yang patut untuk Anda dilirik saat mencari properti. Berdasarkan data Analisis Wilayah UrbanIndo, di kota-kota ini ada wilayah favorit yang paling diincar oleh para pencari properti lho. Mau tahu? Mari simak ulasan lengkapnya pada artikel di bawah ini.

Cimahi Utara, Cimahi

Cimahi merupakan salah satu kota maju di Jawa Barat yang letaknya cukup dekat dengan Bandung, ibu kota dari provinsi ini. Daerah yang dijuluki sebagai Kota Tentara ini dulunya merupakan bagian dari Kabupaten Bandung namun ditetapkan sebagai kota otonom karena dianggap semakin berkembang.

Selain menjadi tempat beradanya beberapa institusi pelatihan tentara, Cimahi pun memiliki satu universitas swasta favorit masyarakat di sekitarnya yaitu Unjani. Fasilitas lain yang terdapat di kota ini di antaranya ialah stasiun kereta, sekolah, rumah sakit, dan akses jalan tol.

Berdasarkan data Analisis Wilayah UrbanIndo, Cimahi Utara merupakan wilayah yang paling diincar dengan persentase 47,55%. Wajar saja, wilayah ini dikenal cukup strategis karena berbatasan langsung dengan Kota Bandung dan daerah wisata Lembang.

Tipe rumah di wilayah ini cukup beragam, mulai dari 22 m² dengan kisaran harga Rp99 juta saja. Rumah berukuran besar dengan harga mencapai miliaran pun dapat Anda temukan di sana. Apabila Anda tertarik untuk mencari hunian di wilayah Cimahi Utara,

Depok, Sleman

Sleman merupakan kota kecil yang jaraknya hanya 11 kilometer dari Kota Yogyakarta. Walau terhitung cukup dekat namun harga rata-rata properti di Sleman lebih murah, yaitu Rp4,6 juta. Persentase ketersediaan rumah seharga Rp300 juta-an hingga Rp700 juta-an pun lebih banyak, yaitu 36,93%.

Properti berupa rumah dan tanah yang menjadi primadona kota ini, banyak diincar di wilayah Depok dengan persentase 22,47%. Rumah dengan harga mulai dari Rp160 juta dan tanah mulai dari Rp600 ribu per meter persegi dapat ditemukan di area Depok.

Wilayah ini sendiri cukup diminati karena menjadi tempat berdirinya Universitas Gadjah Mada (UGM). Bandara Adisucipto dan berbagai fasilitas lainnya seperti hotel, pusat perbelanjaan, dan juga stadion telah tersedia di kota ini

Sidoarjo

Sidoarjo merupakan kota kecil yang dijadikan penyangga utama Surabaya sebagai ibu kota Provinsi Jawa Timur. Hal ini dikarenakan potensi wilayahnya yang cukup banyak dan semakin berkembang seperti pariwisata, perdagangan, dan juga industri.

Kehadiran Bandar Udara Internasional Juanda di kota ini pun semakin membuatnya dilirik oleh para pencari properti. Wilayah yang menjadi primadona di kota ini masih berada di daerah pusat dengan persentase 22,33%.

Menariknya, berdasarkan data Analisis Wilayah UrbanIndo, kebanyakan pencari properti berasal dari kota lain yaitu Jakarta, Surabaya, dan Semarang. Jenis properti yang paling diminati di daerah tersebut sendiri ialah rumah dan juga tanah.

Rumah dari harga Rp100 juta dapat Anda temukan di Sidoarjo. Sementara itu, kisaran harga tanah bisa Anda dapatkan mulai dari Rp300 ribu/m² hingga Rp20 juta/m².

Serpong, Tangerang Selatan

Provinsi Banten beribukota di Serang, namun Tangerang dan Tangerang Selatan-lah primadona yang kerap dibidik para pencari properti. Hal ini disebabkan letak keduanya yang cukup dekat dengan Provinsi DKI Jakarta dan wilayahnya yang kian berkembang dengan kehadiran berbagai mal serta hunian modern.

Dibandingkan dengan Tangerang, Tangerang Selatan memiliki harga rata-rata properti yang lebih murah. Di daerah ini, wilayah favorit yang kini banyak diminati ialah Serpong dengan persentase 32,6%. Mal AEON, ICE BSD City, serta Ocean Park merupakan beberapa fasilitas ternama di wilayah ini.

Berbeda dengan kota-kota berkembang lainnya, apartemen merupakan jenis properti yang paling diminati di Tangerang Selatan. Mayoritas pencari properti di wilayah ini didominasi orang-orang berdomisili Jakarta dengan persentase 63,05%.

Apartemen tipe studio dengan harga mulai dari Rp100 juta masih bisa Anda dapatkan di Serpong. Kisaran harga apartemen di sana sendiri telah mencapai Rp900 juta per unitnya.

Batam Kota, Batam

Provinsi Kepulauan Riau terkenal dengan keindahan alam lautnya yang memesona. Walau pusat pemerintah terletak di Tanjung Pinang, banyak orang lebih membidik properti di Kota Batam yang sebagai wilayah terbesar dan juga berbatasan dengan Negara Singapura.

Sebagai kota yang letaknya cukup strategis dan didukung infrastruktur transportasi seperti bandara serta pelabuhan, Batam pun dinobatkan sebagai wilayah perdagangan bebas pajak barang ekspor dan impor. Itu sebabnya, daerah ini kian diminati pencari properti.

Berdasarkan data Analisis Wilayah UrbanIndo, Batam Kota merupakan wilayah favorit yang paling dicari dengan persentase 51,66%. Tidak hanya dari Batam dan Jakarta, pencari properti di kota ini pun ada yang berasal dari negara tetangga, yaitu Singapura.

Rumah di sekitar Batam Kota bisa Anda dapatkan mulai dari harga Rp136 juta.

Semoga ulasan UrbanIndo di atas tadi dapat menambah referensi Anda seputar wilayah favorit yang patut diperhitungkan ya.

dikutip dari : blog.urbanindo.com


Leave a Reply