REI Banten Akan Membangun 8 Ribu Rumah Murah

  • 0

REI Banten Akan Membangun 8 Ribu Rumah Murah

Category : Berita Terkini

Jawa Barat (Jabar) dan Banten merupakan dua provinsi yang paling besar penyerapannya untuk rumah bersubsidi. Hal ini salah satunya disebabkan banyaknya kawasan industri di dua wilayah itu selain menjadi kawasan penyangga Jakarta. Tahun 2017 ini Real Estat Indonesia (REI) Banten memasang target pembangunan 8 ribu rumah murah.

pembanguinan rumah sederhana sejuta rumah

“Target ini memang tidak naik dibandingkan tahun lalu, cuma tahun ini kita lebih realistis sehingga tidak mematok target yang asal besar tapi implementasinya tidak tercapai,” ujar Ketua REI Banten Roni Hardiriyanto Adali, kepada housing-estate.com di Serang, pekan ini.

Angka sebesar itu, lanjut Roni, merupakan akumulasi dari seluruh anggota REI di Banten yang telah berkomitmen untuk membangun rumah murah. Angka pasti yang masuk dari seluruh anggota ini sudah mencapai 6.500 unit dan saat ini ada 20 anggota pengembang baru yang masuk asosiasi REI Banten sehingga angka8 ribu unit ini dipastikan bisa terwujud pada tahun ini.

Roni juga menyebut pihaknya tidak memasukan berbagai skema kerja sama dengan berbagai pabrik maupun perusahaan industri yang banyak di Banten maupun kerja sama dengan pihak perbankan. Hal ini banyak dilakukan saat program sejuta rumah mulai dicetuskan pada tahun 2015 lalu namun banyaknya kerja sama ini belum menghadirkan hasil riil terhadap suplai rumah murah di Banten.

“Jadi target kami tahun ini lebih realistis karena hingga April ini saja sudah terserap mencapai 1.500 unit. Patokan harga rumah murah di Banten maksimal Rp123 juta, dan penawarannya masih cukup banyak di Kota Serang yang merupakan ibukota Banten. Rata-rata tipe rumahnya mulai 22/60 atau 30/60,” imbuhnya.


Leave a Reply