Program Satu Juta Rumah Didanai Green Bonds Sedang Dikaji Bappenas

satu juta rumah

Program Satu Juta Rumah Didanai Green Bonds Sedang Dikaji Bappenas

Category : Berita Terkini

Bappenas (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional) sedang mengkaji pembangunan program satu juta rumah dengan didanai oleh green bonds. Green bonds adalah surat utang berorinetasi lingkungan atau obligasi hijau.

Rencana program satu juta rumah tersebut sedang dikaji dan akan diberitahukan kepada Presiden RI, Bapak Joko Widodo.

Program Satu Juta Rumah Sangat Mungkin Direalisasikan

Program tersebut bisa direalisasikan karena sekarang banyak hunian yang berkonsep green housing. Hunian green housing memanfaatkan energi terbarukan. Misalnya, memasang solar panel atau panel surya untuk mengubah energi matahari menjadi energi listrik dan menggunakan jendela kaca yang besar untuk mendapatkan pencahayaan terang dan gratis.

Tahap Awal Diperuntukkan Untuk Beberapa Beberapa Golongan

Pada tahap awal, Bappenas menyiapkan program satu juta rumah dengan didanai green bonds untuk ASN (Aparatur Sipil Negara), Polri, dan TNI.

Sejalan Dengan Keinginan Presiden

Program tersebut sejalan dengan keinginan Presiden RI, Bapak Jokowi untuk mengurangi kekurangan pasokan rumah. Keinginan Presiden tersebut direalisasikan dengan dicanangkannya program satu juta rumah. dan sudah dimasukkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMN) 2015-2019.

Dengan adanya target satu juta rumah yang telah dicanagkan pemerintah dapat mengurangi angka backlog rumah dari 11,4 juta rumah pada 2015 menjadi 6,8 juta rumah pada tahun 2019.


Leave a Reply

Arsip

WhatsApp chat WhatsApp Kami