Renaldi F. Agus (Khalifah Premier Cikarang dan Khalifah Premier Bekasi)

Renaldi F. Agus (Khalifah Premier Cikarang dan Khalifah Premier Bekasi)

Renaldi F. Agus merupakan salah satu alumni DPI yang bergabung sejak tahun 2014 dan sekarang berdomisili di Bintaro, Tangerang. Meskipun berdomisili di Bintaro, namun Mas Renaldi mendirikan proyek propertinya di Cikarang dan Bekasi.

Proyek yang sedang dibangun Mas Renaldi adalah Cluster Khalifah Premier Cikarang dan Cluster Khalifah Premier Bekasi. Kedua proyek properti tersebut sama-sama mengusung hunian asri dan bernuansa Islami. Yang luar biasa, 17 unit rumah di Khalifah Premiere Cikarang sudah sold out atau terjual habis.

Mas Renaldi mengatakan sebenarnya tidak ada kendala serius dalam proses pembangunan proyek propertinya. Hanya saja yang terpenting ada kerjasama yang baik dalam tim.  Namun bukan berarti proyek dari Mas Renaldi tidak menemui kendala/hambatan sama sekali. Diakuinya ada sedikit kendala yang terjadi.

Jadi di depan lahan proyeknya ada bangunan liar dan Mas Renaldi agak kesulitan untuk memindahkannya. Kalaupun bisa dipindahkan, penghuni bangunan liar tersebut meminta ganti rugi yang mahal. Sehingga keputusannya tidak jadi memindahkan penghuni bangunan liar tersebut. Walaupun demikian, Mas Renaldi merasa setidaknya keinginan untuk segera memindahkan sudah tercapai meskipun belum terjadi kesepakatan.

Tips dari Mas Renaldi bagi orang-orang yang ingin menjadi developer properti yaitu harus memulai dari menentukan target pasar. “Kalau target pasar sudah ditetukan, lanjut ke langkah berikutnya. Misal, target pasar adalah orang-orang yang membutuhkan FLPP, maka segera cari lahan yang sesuai dengan FLPP. Namun jika target pasar adalah untuk lahan komersial ya segera cari yang komersil. Kalau sudah mendapatkan informasi lahan, segeralah melakukan survey lokasi. Setelah dapat lahan yang cocok, usahakan closing deal terhadap lahan tersebut. Setelahnya bagian yang tak kalah penting adalah membuat business plan proyek tersebut” urai Mas Renaldi.

Sedikit wejangan dari Mas Renaldi kepada orang-orang yang punya minat menjadi developer properti adalah memulai dari yang kecil terlebih dulu yaitu rumah kecil-kecil hasil kerjasama investasi dengan orang tua, mertua, intinya dari keluarga. Untuk masalah pendanaan dan biaya lebih besar, jangan khawatir karena ada investor.

Pengalaman pertama Mas Renaldi bekerjasama dengan investor adalah investor tersebut merupakan keluarganya sendiri. Tapi sekarang sudah ada beberapa investor lain yang mau untuk diajak kerjasama dengan proyek properti dari Mas Renaldi.

Jangan takut memulai bisnis properti karena berbisnis properti sangat menarik dan menantang – Renaldi F. Agus

Demikian cerita pengalaman dari Mas Renaldi saat berproses menjadi developer properti. Tak lupa, kami DPI ucapkan selamat menunaikan ibadah puasa semoga ibadah yang dijalankan hari ini mendapat berkah yang berlimpah, Aamiin.


Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Arsip

WhatsApp chat WhatsApp Kami