Rumah contoh adalah rumah pertama yang dibangun sebagai media berupa bangunan kepada pembeli yang ingin melihat bentuk rumah jadi yang nanti akan ditempatinya. Ketertarikan orang juga akan meningkat ketika mereka telah melihat secara langsung rumah contoh yang disediakan oleh pengembang seperti apa. Selain bagus dipandang keberadaan rumah contoh ini juga sangat membantu memberi tahu orang jenis type perumahan yang seperti ini akan segera dibangun.

1. Sebagai Sarana Promosi

Keberadaan rumah contoh adalah sebagai media promosi kepada warga lingkungan sekitar, yang sebelum nya belum ada rumah contoh akan ragu dan panik karena penasaran. Setelah terbangunnya rumah contoh inilah, semua orang bisa tahu dan bisa menilai langsung bagaimana kondisi bahan dan bagunan ini berjalan.

2. Untuk Mengenalkan Proyek

Tersedianya rumah contoh yakni sebagai alat bantu tenaga kontraktor untuk mempublikasikan proyek yang sedang dikembangkan. Jika ada yang tidak sesuai segeralah memanggil tukang ayng mengerjakan dan segera beritahu bahwa ada salah satu pengerjaan yang tidak sesuai dengan rencana, harus dibetulkan.

3. Sebagai Bahan Pertimbangan

Anda sebagai pembeli bisa menilai langsung kinerja bagaimana proyek tersebut berjalan, apakah sudah sesuai dengan gambar contoh dan rencana pembangunan proyek perumahan. Salah satu tantangan dari rumah contoh yaitu pengembang harus bisa memanfaatkan rumah contoh ini untuk mengikat calon pembeli.

4. Tanda Proyek Telah Berjalan

Dengan berdirinya rumah contoh yang dimaksud diatas itu berarti tanda bahwa proyek telah berjalan dengan baik kemudian siap untuk dibangun secara masal. Pembeli akan lebih suka dengan melihat langsung rumah contoh yang dibangun pengembang dari pada hanya melihat pada brosur dan gambar 3D. Ini tentu akan meningkatkan rasa kepercayaan konsumen kepada pengembang dengan keberadaan rumah contoh ini sebagai bentuk komitmen pengembang bahwa proyek akan segera jadi.